View Full Version
Senin, 20 Jun 2016

Memilih Sekolah Untuk Anak

Sahabat VOA-Islam...

Orangtua yang baik tentu akan berupaya memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Karena itu memilih lembaga pendidikan terbaik bagi anaknya akan menjadi perhatian yang serius. Saat ini, jika Anda mau memilih sekolah yang berkualitas, konsekuensinya harus memilih sekolah swasta. Konsekuesi lanjutnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam dibanding jika memilih sekolah umum (sekolah negeri).

Hal itulah yang sering membuat kebingungan dan kesulitan ketika tiba masanya mensekolahkan anak-anaknya. Ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas tapi dari sisi materi belum mampu. Sedangkan kalau bersekolah yang tidak ada background agama sangat mengkhawatirkan dalam kondisi saat ini. Walaupun tidak menjadi jaminan pula antara kualitas sekolah dengan kualitas anak.              

Fenomena sulitnya mencari sekolah berkualitas ini tidak pernah terjadi ketika diterapkan sistem pendidikan Islam oleh institusi Khilafah Islamiyah. Pasalnya, pendidikan dalam pandangan Islam merupakan salah satu kebutuhan primer bagi rakyat secara keseluruhan. Karena itu negara wajib membuka dan membangun sekolah-sekolah dasar, menengah maupun pendidikan tinggi dalam jumlah yang memadai sesuai dengan jumlah rakyatnya. Setiap sekolah juga harus memiliki kualitas yang terjamin baik dari muatan pendidikannya maupun sarana dan prasarananya.Semua sarana tersebut disediakan dalam jumlah yang memadai, berkualitas baik, dan yang paling penting adalah gratis.

Sekolah menerapkan kurikulum Daulah Islam yang mengarahkan siswa menjadi manusia yang berkepribadian (syakshiyyah) islami; pola pikir dan pola sikapnya berlandaskan akidah Islam. Dengan kurikulum Islam  tersebut anak didik dipersiapkan untuk menjadi manusia yang menguasai ilmu agama  sekaligus ilmu-ilmu sain dan keahlian yang dibutuhkan dalam mengarungi kehidupan ini. Mereka juga diarahkan untuk menjadi pribadi-pribadi yang matang, mandiri dan memimpin umat menuju kemajuan di segala bidang kehidupan.

Dengan kebijakan pendidikan dalam Daulah Khilafah demikian, para orangtua tidak perlu bingung memilih sekolah bagi buah hatinya. Semua sekolah yang didirikan Negara Khilafah adalah sekolah dengan standar terbaik dan gratis. Kalau pun ada sekolah swasta yang didirikan oleh masyarakat yang peduli terhadap pendidikan, tidak akan mengambil keuntungan materi seperti di alam kapitalis saat ini. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Sri Indrianti


latestnews

View Full Version