View Full Version
Selasa, 15 Nov 2016

6 Tips agar Buah Hati Tidur Nyenyak

Merasakan anak rewel, duh hati ibu mana yang tak akan ikutan sedih. Bila terus-menerus, bukan tidak mungkin ada rasa jengkel hadir di dalam hati sang ibu. Untuk meminimalisir kerewelan, perlu diketahui penyebabnya. Salah satu sebab kerewelan adalah tidur yang kurang atau bahkan tidak nyenyak di  malam hari. Bisa dipastikan anak akan merasa gelisah dan ngantuk yang kemudian berubah menjadi rewel.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba pada sang buah hati agar tidurnya nyenyak. Karena bila tidurnya pulas maka esoknya, ia akan bangun dengan riang dan ceria. Tak ada lagi kerewelan yang menguji kesabaran sang ibu.

  1. Menyanyikan lagu pengantar tidur. Tidak perlu malu bila suara sang ibu tidak merdu. Karena bagi anak, suara paling merdu adalah suara ibu. Jadi PD aja lagi menyanyikan lagu pengantar tidur yang nadanya lembut dan dibawakan dengan suara pelan dan lembut pula. Akan lebih bagus bila lagu pengantar tidur ini liriknya bisa semakin  memperkuat keimanan anak, makin sayang sama ibu dan ayahnya, dan poin kebaikan lainnya.
  2. Mendongeng. Tak ada anak yang tak suka didongengi. Sepuluh menit sebelum tidur, usahakan ibu atau ayah ada di dekat si kecil untuk mendongeng. Kisah-kisah hikmah atau Nabi dan para sahabat bisa dijadikan referensi. Tujuannya selain memberi keteladanan pada si anak, mendongeng adalah sarana efektif untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan imajinasi pada anak.
  3. Memijat. Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas anak sangat banyak di siang harinya. Tubuhnya capek dan ini bisa membuatnya susah tidur. Pijatan lembut pada tubuh dan kakinya bisa membuatnya merasa nyaman sehingga tidurnya nyenyak. Sentuhan orang tua pada anak melalui pijatan juga bisa mengeratkan hubungan batin satu sama lain.
  4. Berdoa. Membiasakan anak berdoa sebelum tidur juga memberi alarm pada tubuhnya untuk beristirahat.  
  5. Meredupkan lampu. Usahakan tidur dengan lampu dimatikan atau diganti dengan lampu untuk tidur yang redup. Selain sunah juga baik untuk kesehatan.
  6. Ucapkan kata-kata sayang pada sang buah hati. Orang Indonesia secara umum memang tidak biasa mengekspresikan rasa sayang dan cinta pada anak. Tapi tidak ada salahnya memulai satu kebaikan dan membiasakannya, bukan? Bisikkan dengan lembut betapa ibu dan ayah sangat mencintainya. Bila kagok dengan bahasa Indonesia, boleh kok dengan bahasa lain misalnya ‘I love you’.

Semoga 6 langkah di atas bisa memberikan hasil yang efektif agar anak bisa tidur nyenyak. Bila demikian, maka orang tua khususnya ibu bisa tidur pula dengan pulas. Selamat mencoba! (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version