View Full Version
Senin, 16 Jan 2017

3 Kemuliaan yang Dimiliki Muslimah

Oleh: Dwi Ira

Perempuan terutama dengan statusnya sebagai muslimah itu mulia. Kemuliaan ini ada pada kedudukannya paling tidak di tiga hal.

Yang pertama, kedudukannya sebagai seorang anak. Teladan dalam hal ini adalah Fatimah AzZahra yg melayani dan mendukung orang tuanya dalam kondisi apapun. Ia dijuluki 'Ummu Abiha' – ‘ibu dari Ayahnya' karena pengabdian mengurus sang ayah saat ibunda telah tiada. Menjadi anak salihah saat orang tua masih hidup, dan menjadi pengucap doa dan 'perpanjangan amal' asat mereka telah meninggal.

Kedua, adalah kedudukannya sebagai seorang istri. Khadijah adalah sebaik-baik tauladan seorang istri. Ia bisa memberikan cinta, rasa nyaman, pengorbanan, dan kenangan yg tak tergantikan dalam memori suaminya (Rasulullah saw). Bahkan sepeninggalnya, ketika Rasulullah telah diberi ganti dengan para istri setelah Khadijah sekalipun, kedudukan Khadijah tak tergeser seinci pun dalam relung Sang Rasul.

Terakhir, kedudukannya sebagai seorang ibu. Menjadi istri dan ibu yang hebat sekaligus adalah dambaan setiap wanita. Namun terkadang, takdir pernikahan tak sejalan dengan apa yang direncanakan. Jika wanita tak mampu tampil sebagai istri idaman suami, maka JANGAN PERNAH gagal menjadi sosok ibu bagi anak-anakmu.

...Perempuan terutama dengan statusnya sebagai muslimah itu mulia. Kemuliaan ini ada pada kedudukannya paling tidak di tiga hal...

Tengoklah Asma' binti Abu Bakar. Ia mungkin saja tak mampu bertahan dalam badai rumah tangganya dengan Zubair bin Awwam. Ia mungkin tak mampu bersaing dengan kecantikan dan kemolekan Atiqah hingga membuat suaminya lebih menunjukkan kecondongan pada istri keduanya itu. Perceraian pun akhirnya ditempuh meski pada kenyataannya ia telah mendampingi suaminya selama 28 tahun.

Mungkin, orang akan berkata ia gagal mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Tapi sejarah mencatat bahwa ia TAK PERNAH gagal menjadi sosok IBU yang tangguh dalam membangun karakter dan mendidik anak-anaknya.

Tengoklah buah didikannya yang terpancar dalam diri salah seorang anaknya, Abdullah bin Zubair.

Memang, menjadi sukses dalam 3 kedudukan sekaligus adalah impian setiap wanita. Tapi jika takdir Allah berkata lain, maka yang kita azzamkan pada diri adalah berusaha semampu kita untuk TIDAK GAGAL ketiga-tiganya.

Semoga Allah menjadikan setiap kedudukan kita sebagai jalan menuju Jannah-Nya. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 


latestnews

View Full Version