View Full Version
Jum'at, 20 Jan 2017

Berbakti pada Orang Tua walaupun Mereka Telah Tiada

Setiap anak selalu ingin membahagiakan orangtua dengan cara berbakti padanya. Betapa senyum orangtua menjadi hal yang sangat dirindukan saat mereka masih ada. Banyak cara dilakukan sebagai wujud rasa terima kasih dari seorang anak kepada ibu dan bapaknya. Mulai dari berprestasi saat di sekolah, memberi materi saat sudah bekerja ataupun selalu mendoakan mereka di setiap akhir salat kita.

Sayangnya, tidak semua anak memunyai kesempatan membahagiakan orangtuanya saat mereka masih hidup. Ada yang sudah menjadi yatim saat masih kecil, atau bahkan yatim piatu sebelum bisa dewasa. Keinginan untuk membahagiakan dan membalas jasa orangtua seolah tak ada jalan karena telah berbeda alam.

Syukurlah, Islam memberi jawaban atas keresahan tersebut. Keinginan membahagiakan orangtua dari seorang anak akan terus ada untuk para orangtua meskipun mereka telah tiada. Sebagaimana dikutip dari buku Prophetic Parenting, cara Nabi mendidik Anak, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk berbakti di saat orangtua telah almarhum/ah.

Di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Melaksanakan janji dan wasiat orangtua
  2. Berdoa dan memohon ampun untuk orangtua
  3. Menyambung tali silaturahmi dan berbuat baik pada sahabat orangtua
  4. Bersedekah atas nama orangtua
  5. Melaksanakan ibadah haji untuk orangtua
  6. Bersegera beramal saleh untuk membahagiakan almarhum
  7. Berziarah ke makam orangtua
  8. Menjaga nama baik orangtua
  9. Berpuasa atas nama orangtua

Semoga saja beberapa poin di atas bisa menjadi wasilah bagi seorang anak untuk berbakti pada orangtuanya. Lebih jauh lagi, semoga juga amalan tersebut bisa menjadi tambahan bekal kebaikan bagi orangtua di alam barzakh. Dan semoga juga, kita nantinya akan dipertemukan lagi dengan orangtua dalam kondisi yang lebih baik di surgaNya. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 


latestnews

View Full Version