View Full Version
Rabu, 07 Jun 2017

Lama Tidak Terdengar Kabarnya, Istri Almarhum Uje Ceritakan Kisahnya Mengenakan Cadar

BANDUNG (voa-islam.com) - Lama tak terdengar kabarnya, istri almarhum ustaz Jeffry al Bukhari (Uje) ini rupanya sudah bercadar. Kepada jamaah Kajian Islam Ramadhan (KIR) yang digelar Gerakan Muslimat Indonesia (GMI), Ummi Pipik Dian Irawati, berbagi kisah latar belakang dirinya mengenakan cadar.

Ummi Pipik bercerita pengalaman mulanya bercadar itu muncul ketika ia menjalani ibadah umrah beberapa waktu yang lalu.

“Sewaktu saya akan beribadah di Masjidil Haram, rasanya kaki ini lama sekali untuk sampai ke sana. Padahal saya begitu dekat dengan Masjidil Haram. Kenapa? Karena banyak orang yang meminta untuk berfoto terlebih dahulu,” kata Ummi Pipik membuka obrolan di Bale Asri Pusdai Bandung, Selasa (31/05/2017).

“Pun ketika bisa shalat di Raudhah, entah mengapa ada saja yang menginjak saya. Saat itu saya terus merenungi apa makna dari satu kejadian ke kejadian lainnya,” lanjutnya.

Tak lama kemudian, Ummi Pipik seperti mendengar bisikan yang semakin kuat. ‘Kapan ditutup? Kapan ditutup? Kapan ditutup?’. Tak perlu waktu lama untuk ia mengerti arti dari bisikan tersebut. Mengingat diri dia sudah berhijab sebelumnya.

“Dari situ saya sadar dan menetapkan hati untuk bercadar,” lanjut Ummi Pipik.

Sebenarnya, sejak dua tahun yang lalu Ummi Pipik sudah ada keinginan untuk mengenakan cadar. Namun, karena ada kontrak dengan televisi dan sebagainya, maka keinginan tersebut tertunda.

“Jika ingin dilihat manusia, maka tidak ada habis-habisnya. Saya hanya ingin dinilai oleh Allah saja,” tegas Ummi Pipik.

Perubahannya ini langsung mendapatkan respon dari pelbagai pihak. Meski keluarga dan anak-anaknya setuju, namun tidak untuk sebagian jamaah di kajiannya. Bahkan kemudian ada beberapa stasiun televisi yang membatalkan kontrak setelah mengetahui ia bercadar.

“Saya menjelaskan kepada mereka, kalau ingin taklim dengan saya, bahwa yang dilihat adalah pelajaran yang bisa diambil dari apa yang saya sampaikan. Jika menyuruh saya melepas cadar, itu sama seperti menyuruh saya melepas jilbab,” ungkapnya.

Kepada jamaah KIR, Ummi Pipik berpesan bahwa sesungguhnya, hingar bingar dunia yang membuat manusia lupa kepada Allah

“Tidak ada yang dimiliki di dunia ini. Semuanya hanyalah titipan Allah. Hal ini mengajari saya untuk zuhud kepada dunia,” pungkasnya mantap. [alhikmah/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version