View Full Version
Kamis, 03 May 2018

Hijabmu Seleksi Hidupmu

Oleh: Nur Khamidah

(Mahasiswi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dan Anggota Komunitas Revowriter)

Sobat muslimah, Islam adalah agama yang sempurna. Saking sempurnanya Islam, wanita pun tak luput dari perhatiannya. Ya, Islam memuliakan wanita dengan seperangkat aturan yang melekat pada dirinya. Salah satunya, desain pakaian syar’i bagi muslimah. Sebab, Islam memandang wanita sebagai makhluk yang agung. Wanita harus dilindung dengan jilbab dan kerudung.

Allah swt berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 59, artinya, “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dan surat An Nuur ayat 31, artinya, “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kacuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau perempuan-perempuan Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan”.

Kedua ayat di atas adalah dalil wajibnya muslimah memakai hijab syar’i. Alangkah sedihnya, jika ada muslimah yang berpikiran sempit. Khawatir, hijab syar’i yang mereka pakai, menjadi hambatan bekerja di perusahaan ternama. Khawatir, hijab syar’i yang mereka pakai, menjauhkan dari jodoh.

Inilah bahayanya, jika rizqi ditakar menurut kadar manusia. Karir dan jodoh adalah rizqi yang datangnya dari Allah. Manusia hanya bisa mengupayakan datangnya. Kabar baiknya, Allah punya 1001 cara agar rizqi sampai pada hamba-Nya. So, tak usah risau akan rizqi.

Ketika melamar pekerjaan, namun ditolak dengan alasan memakai hijab syar’i, maka bukan hijab syar’imu yang Salah. Yakinlah bahwa Allah akan menyiapkan pekerjaan yang lebih baik bagimu. Sama halnya dengan jodoh. Yakinlah bahwa Allah sedang mempersiapkan jodoh yang terbaik bagi dirimu, maka bersegeralah melayakkan diri. Tetaplah berpegang teguh pada syari’at Allah. 

So, memakai hijab syar’i adalah kewajiban bagi muslimah. Bukan memasung muslimah Hijab membuat muslimah terhormat dan terlindung. Hijab syar’i juga menjadi seleksi bagi hidup muslimah. Baik dalam karir maupun jodoh yang akan menghampiri dirinya. [syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version