View Full Version
Sabtu, 20 Mar 2010

Mubarak Tunjuk Pimpinan Al Azhar Yang Baru

Presiden Mesir Hosni Mubarak pada hari Jumat kemarin menunjuk seorang kepala baru Al-Azhar, institusi pendidikan Islam bergengsi, setelah meninggalnya pimpinan sebelumnya minggu lalu, demikian kantor berita Mesir, MENA melaporkan.

Mubarak, yang sedang dalam masa pemulihan setelah operasi di Jerman telah mengeluarkan surat keputusan presiden untuk menunjuk Syeikh Ahmed Mohammed Ahmed al-Tayeb menjadi kepala Al-Azhar yang baru.
Syeikh Ahmed Mohammed Ahmed al-Tayeb atau cukup dikenal dengan  Syeikh Tayeb, sebelumnya   menjadi kepala Universitas Al Azhar sejak tahun 2003. Dia menjadi suksesor Syeikh Mohammed Sayed Tantawi, yang meninggal karena serangan jantung tanggal 10 Maret lalu saat kunjungan ke Arab Saudi.

Lembaga Al-Azhar, yang mengelola sebuah masjid abad ke-10, sebuah universitas dan beberapa sekolah lainnya, adalah pusat pendidikan Islam yang terkenal sejak beberapa abad yang lalu. Al Azhar memiliki peran penting dalam dakwah Islam di dunia.

Sejak 1961, imam besar Al-Azhar ditunjuk melalui dekrit presiden, mengundang kritik karena dianggap terlalu dekat dengan pemerintah.

Syeikh Yang Moderat

Syeikh Tayeb yang pernah mengenyam pendidikan di Prancis tersebut juga menjadi anggota majelis ulama Mesir sejak tahun 2003. Dia juga dikenal sebagai ulama yang 'moderat'.

Syeikh Tayeb juga dikenal karena sikap kerasnya terhadap Ikhwanul Muslimin, organisasi pergerakan terbesar di Mesir, yang tetap dilarang walaupun memiliki dukungan rakyat yang banyak.

Pada tahun 2006, ia mengecam gaya militer dalam parade  mahasiswa yang menjadi anggota Ikhawanul Muslimin di Universitas Al-Azhar  di mana mereka memakai topeng seperti pejuang Hamas.

Beberapa mahasiswa diskors dari universitas setelah parade dan puluhan lainnya ditangkap.

Lahir pada tahun 1946, Tayeb bergabung dengan sekolah al-Azhar sejak usia 10 tahun, dengan rentang karir 40 tahun di lembaga pendidikan itu. Ia menjadi anggota staf pengajar di Universitas al-Azhar sebelum menjadi dekan jurusan filsafat.
[muslimdaily.net/alarby]


latestnews

View Full Version