View Full Version
Sabtu, 05 Jun 2010

Israel Bersumpah Hadang Kapal Bantuan Dari Irlandia

Israel bersumpah untuk menghadang kapal bantuan dari Irlandia ke Jalur Gaza.

"Kami akan menghentikan kapal, dan juga setiap kapal lain yang akan mencoba untuk merugikan kedaulatan Israel. Tidak ada kesempatan bagi Rachel Corrie untuk mencapai pantai Gaza,"kata Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman pada Israel staisun TV Israel Channel 1.

Dalam Dublin, Irlandia Michael Martin Menteri Luar Negeri mengatakan dalam pernyataan: "Mereka yang berada di atas Rachel Corrie telah mengindikasikan bahwa mereka siap untuk menerima inspeksi dari kargo mereka di laut, sebelum berlabuh di Gaza."

Lieberman menambahkan bahwa para pejabat Israel telah berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri Irlandia dan berkata, "Kami jelaskan pada Irlandia dan kepada yang lain, kapal tidak akan tiba di Gaza tanpa pemeriksaan keamanan, tanpa memeriksa barang, tanpa mengetahui dengan pasti (apa yang ada di kapal)."

Peraih hadiah  Nobel Perdamaian dari Irlandia, Mairead Corrigan, yang berada di kapal dengan aktivis lainnya,mengatakan mereka bertekad untuk menekan tapi akan tidak melawan jika pasukan Israel datang ke kapal mereka.

"Kami akan duduk," kata dia kepada The Associated Press dalam wawancara telepon dari kapal. "Mereka mungkin akan menangkap kami. Tapi tidak akan ada perlawanan."
The Free Gaza Movement mengatakan pada situs webnya bahwa kapal yang berbobot 1.200 ton Rachel Corrie, akan mencapai Gaza hari Sabtu pagi.

"Kami sekitar 150 mil dari Gaza, terus dengan kecepatan tetap, dan berharap untuk tiba pada hari Sabtu pagi," kata Jenny Graham, salah satu aktivis yang ikut dalam kapal tersebut, menurut Ireland Palestine Solidarity Campaign.

 

[muslimdaily.net/alarby]


latestnews

View Full Version