View Full Version
Rabu, 30 Jun 2010

Petraeus: Afghanistan Makin Buruk

Jenderal David Petraeus mengatakan pertempuran di Afghanistan akan berlanjut dan bisa semakin berkobar dalam bulan-bulan mendatang.

Dia memberikan penjelasan di depan Komite Angkatan Bersenjata di Senat setelah dicalonkan kembali oleh Presiden Obama untuk memimpin perang di Afghanistan.

"Situasi akan semakin keras sebelum berubah menjadi reda," katanya, dengan menambahkan bahwa dia yakin kemajuan sangat mungkin dicapai.

Ia mengatakan kepada komite bahwa pasukan koalisi akan menghadapi perlawanan keras pada saat akan merebut tempat-tempat perlindungan kelompok pejuang dan mengurangi kebebasan mereka untuk bergerak.

Dalam jawaban tertulis kepada komite, ia menggambarkan situasi di Afghanistan "tidak menentu" dan bahwa para pejuang masih "teguh dan tetap percaya diri".

Jenderal Petraeus mengatakan dia mendukung rencana presiden untuk memulai penarikan pasukan pada bulan Juli 2011, tetapi menegaskan bahwa "langkah itu baru permulaan".

Dia juga mengatakan, ia akan melihat aturan main di lapangan yang menjadi sasaran kritikan tajam dalam beberapa hari ini.

Jenderal Stanley McChrystal, mantan panglima AS di Afghanistan, dipecat pekan lalu oleh Obama.

Jenderal itu dan para pembantunya mengkritik para pejabat senior pemerintah AS dalam artikel di majalah Rolling Stone. Sejak itu dia mengumumkan pensiun dari Angkatan Darat AS.

Jenderal Petraeus memberikan jaminan kepada para senator bahwa dia akan bekerja sama dengan pimpinan sipil di Afghanistan.

[muslimdaily.net/bbc]


latestnews

View Full Version