View Full Version
Selasa, 27 Jul 2010

Karzai: 52 Warga Sipil Dihabisi Roket NATO

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengkonfirmasi bahwa serangan pasukan koalisi NATO pimpinan Amerika telah menewaskan sedikitnya 52 warga sipil termasuk beberapa wanita dan anak-anak.

Karzai mengatakan pada hari Senin bahwa pasukan NATO menembakkan roket yang menewaskan "52 warga sipil tak berdosa" di Afghanistan selatan.

Sumber pemerintah mengatakan bahwa serangan itu terjadi pada hari Jumat ketika warga sipil yang berada dalam rumah-rumah mereka berdesakan untuk menyelamatkan diri dari pertempuran antara pasukan NATO dan pejuang Taliban.

Pengeboman terjadi Jumat malam di kota Sangin di Provinsi Helmand selatan.

Insiden ini sama dengan peristiwa dengan helikopter tempur pasukan koalisi yang menembaki penduduk desa yang tengah menyelamatkan diri ke tempat aman.

Presiden Afghanistan memerintahkan penyelidikan atas serangan mematikan. NATO mengatakan telah meluncurkan penyelidikan sendiri atas insiden ini, namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Warga sipil telah menjadi korban utama kekerasan di Afghanistan, khususnya di provinsi yang rawan yakni daerah selatan dan timur, di mana mereka kerap menjadi korban ganasnya peperangan.

[muslimdaily.net/ptv]


latestnews

View Full Version