View Full Version
Kamis, 29 Jul 2010

KH Sahal Mahfudz Pimpin MUI Kembali

Keputusan 10 orang dalam tim formatur menyatakan KH MA Sahal Mahfudz kembali terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2010-2015.

Selanjutnya, wakil ketua umum dijabat Din Syamsuddin yang juga menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah. Selain itu, ditetapkan pula 14 ketua yang membidangi 14 bidang.

"Pemilihan jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan MUI telah berlangsung sejak semalam (Selasa,27/7) dan hari ini (Rabu,28/7) sekitar pukul 07.00 pagi (WIB) berhasil merumuskan susunan kepengurusan yang baru," kata Sekretaris Formatur Ichwan Sam, saat mengumumkan kepengurusan Dewan Pimpinan MUI, di Jakarta, Rabu.

Bidang yang dimaksud adalah bidang Fatwa, bidang Ukhuwah Islamiyah, Bidang Dakwah, Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, Bidang Pengkajian dan Kaderisasi, Bidang Pengkajian dan penelitian, Bidang Hukum dan Perundang-Undangan.

Bidang Perekonomian dan Produk Halal, Bidang pemberdayaan Ekonomi, Bidang Pemberdayaan Perempuan, keluarga dan Perlindungan Anak, Bidang Remaja dan Seni Budaya, Bidang Remaja dan Seni Budaya, Bidanmg Kerukunan Umat Beragama,Bidang Hubungan dan kerjasama Internasional, Bidang Informasi dan Komunikasi, serta Bidang Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam.

Sementara jabatan Sekjen adalah Ichwan Sam, bendahara Umum Yuniwati, dan ada sembilan dewan penasehat.

Rapat tim formatur juga memilih 11 ketua. Di antaranya terdapat muka baru, yakni KH Abdullah Syukri Zarkasi (Pimpinan Pesantren Moderen Gontor,Jawa Timur). Ada Ust. Junahar Ilyas, pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sedangkan muka lama di posisi ketua antara lain KH Makruf Amin, KH Umar Shihab, dan lain-lain. Dua perempuan juga terpilih sebagai ketua, Tuti Alawiyah dan Prof. Dr. Chuzaimah Tahido Yanggo. Huzaimah adalah seorang ahli fiqh dari Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Jakarta.

[muslimdaily.net/bbs]


latestnews

View Full Version