View Full Version
Sabtu, 30 Oct 2010

Dua Truk Tanker NATO Kembali Dibakar Taliban

QUETTA - Lagi-lagi dua truk perbekalan pasokan NATO di Afghanistan dibakar Taliban pada hari Jum'at. Belum ada klaim tanggung jawab dari Taliban namun Taliban sebelumnya telah berjanjanji akan melakukan serangan-serangan serupa untuk membalas serangan dari pesawat tak berawak milik Amerika yang kerap menewaskan penduduk sipil di Pakistan baratlaut.

Truk pertama diserangan didaerah Mangochar, 20 kilometer selatan Quetta, ibukota propinsi Baluchistan yang kaya minyak dan gas, daerah ini berbatasan dengan Iran dan Afghanistan.

"Dua pria bersenjata mengendarai sepeda motor menghentikan truk kontainer NATO di jalan, mereka memerintahkan pengemudi dan rekannya untuk meninggalkan kendaraan mereka dan kemudian melepaskan tembakan ke truk tersebut," kata pejabat polisi lokal kesukuan Aziz Faisal kepada AFP.

Di Baghbana, 280 kilometer selatan Quetta, pria bersenjata menembaki truk kontainer NATO yang lainnya, kali ini serangan tersebut menewaskan supir truk.

Polisi telah mengkonfirmasi serangan hari Jum'at ini, serangan ini terjadi sepekan setelah pada 10 Oktober Pakistan membuka kembali jalur darat yang menghubungkan ke Afghanistan yang biasa dipakai untuk mengirim pasokan NATO.

Perbatasan tersebut ditutup pada tanggal 30 September setelah sebuah helikopter milik NATO menewaskan dua tentara paramiliter Pakistan.

Balochistan adalah wilayah yang banyak "memproduksi" pejuang Islam militan, bentrokan sektarian antara Sunni dan Syiah kerap terjadi. Wilayah ini sendiri juga memiliki sejumlah kelompok pemberontak lain yang tidak terkait dengan Taliban, mereka berperang untuk menuntut otonomi politik dan bagian yang lebih besar dari keuntungan kekayaan daerah dan sumber daya alam. [muslimdaily.net/afp]


latestnews

View Full Version