View Full Version
Jum'at, 20 May 2011

Mantan Al Qaeda: Seif al Adel Pengganti Sementara Usamah

 

Seif al Adel, warga Mesir yang pernah menjadi perwira pasukan khusus, telah dipilih sebagai pemimpin sementara Al Qaeda setelah kematian Usamah bin Laden, demikian dilaporkan oleh CNN.

Berdasarkan laporan CNN, Selasa (17.5/2011), yang mengutip Noman Benotman, mantan gerilyawan Libya yang pernah bergabung dengan Al Qaeda dan punya pengetahuan rinci tentang sepak terjang kelompok itu, Saif al Adel telah lama memainkan peran penting di Al Qaeda.

Noman Benotman mengklaim telah mengenal kepemimpinan Al Qaeda selama lebih dari dua dekade. Dia pernah menjadi pemimpin Libyan Islamic Fighting Grup (LIFG), sebuah organisasi yang dulu beraliansi dengan Al Qaeda, tapi dalam beberapa tahun terakhir telah meninggalkannya.

Benotman mengatakan kepada CNN bahwa berdasarkan komunikasi pribadinya dengan sejumlah pejuang Al Qaeda dan diskusi di forum jihad, Al Adel, yang juga dikenal sebagai Muhammad Ibrahim Makkawi, telah dipilih sebagai pemimpin sementara Al Qaeda karena masyarakat jihad global terus bergolak dalam beberapa hari terakhir terkait dengan tidak adanya pengumuman resmi tentang pengganti Usamah.

Menurut Benotman, itu bukan keputusan formal dewan syura Al Qaeda, karena saat ini tidak mungkin untuk mengumpulkan mereka di satu tempat. Keputusan pengangkatan Al Adel tampaknya merupakan keputusan dari hanya enam sampai delapan pemimpin Al Qaeda di wilayah perbatasan Afganistan-Pakistan. Menurut Benotman, Al-Adel sudah menjadi salah satu pemimpin tertinggi dalam kelompok kecil itu.

Surat kabar Pakistan, The News, sebagaimana dikutip AFP, Rabu, membenarkan klaim itu. Surat kabar tersebut mengutip sumber-sumber tanpa nama di artikel yang ditulisnya dari Rawalpindi, kota yang merupakan markas besar Angkatan Bersenjata Pakistan di dekat ibu kota Islamabad. (muslimdaily/kom)


latestnews

View Full Version