View Full Version
Sabtu, 11 Jun 2011

Tentara AS Bertahan Lebih Lama di Irak

Irak sepertinya akan meminta pasukan Amerika Serikat untuk bertahan di negara itu meski ada penarikan hingga akhir tahun 2011.

Direktur CIA Leon Panetta mengatakan ada keyakinan kalau permintaan seperti itu akan mereka sampaikan.

Dia menambahkan kalau permintaan resmi dari Baghdad keluar, maka Washington harus mengiyakannya.

Tetapi Panetta tidak mengatakan berapa banyak atau peran apa yang dilakukan pasukan tersebut jika tetap bertahan di Irak.

Dia mengatakan masih ada sekitar 1.000 anggota al-Qaeda di Irak, dan situasinya masih rentan, sehingga sepertinya kehadiran pasukan AS masih dibutuhkan.

"Saya meyakini kalau kita harus mengambil langkah apapun yang dibutuhkan untuk menjaga perkembangan yang tengah berlangsung disana, kata Panetta.

Bulan April, Menteri Pertahanan Robert Gates juga mengindikasikan kalau pasukan Amerika tetap bertahan di Irak melebihi batas akhir penarikan, jika ada permintaan dari Irak.

Wartawan BBC Andrew North di Washington melaporkan sepertinya ada bujukan dar AS ke Irak agar mau mempertahankan pasukan AS di Irak.

Tetapi jika Obama menyetujui adanya pasukan AS yang tetap bertahan di Irak, maka ini akan dilihat baik oleh lawan politik maupun pendukungnya sebagai langkah mundur dari komitmen sebelumnya yang menginginkan agar pasukan AS ditarik sepenuhnya dari Irak tahun ini.

AS saat ini menempatkan sekitar 47.000 tentaranya di Irak, dan berdasarkan perjanjian tahun 2008, mereka akan meninggalkan Irak pada tanggal 31 Desember 2011.

[muslimdaily.net/bbc]


latestnews

View Full Version