View Full Version
Selasa, 21 Feb 2012

Militer Pakistan Bikin Ipad Versi Lokal

Selain membuat jet tempur dan persenjataan, rupa-rupanya militer Pakistan merambah ke dunia teknologi. Militer Pakistan membuat iPad versi lokal.

Bisnis ini merupakan kerja sama antara Pakistan dan perangkat dari Cina. Para pendukung militer mengatakan teknologi tersebut akan meningkatkan perekonomian serta harga diri bangsa.

Ide awal dari pembuatan iPad lokal ini ketika militer sedang tidak bekerja membantu pertahanan. Seorang insinyur di sebuah pangkalan angkatan udara di Kamra, Pakistan Utara kemudian merakitnya.

"Yang asli adalah iPad, salinannya adalah PACPAD," kata Mohammad Imran, seorang penjual PACPAD di toko komputer dan toko ponsel di sebuah mal di Rawalpindi.

Perangkat ini merupakan tipe Android 2.3, sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Google dan diberikan secara gratis. PACPAD ini hanya dihargai sekitar 200 dolar AS, setengah dari harga dari Apple atau perangkat Samsung serta lebih murah tablet Cina di pasaran. PACPAD juga memiliki asuransi selama satu tahun.PAC adalah nama singkatan Pakistan Aeronautical Complex. PAC juga membuat e-reader dan netbook.

Upaya ini masih dalam tahap percontohan dan mewakili setengah dari portofolio bisnis militer Pakistan. Selain memperkuat persenjataan, militer Pakistan memiliki tanah, pabrik gula dan tepung, hotel, agen perjalanan, bahkan sebuah produk sereal sarapan pagi.

[muslimdaily.net/rpblk]


latestnews

View Full Version