View Full Version
Selasa, 13 Mar 2012

Parlemen Mesir Sepakat Mengusir Dubes Israel

Anggota parlemen Mesir yang mayoritas didominasi oleh kelompok Islam sepakat memutuskan untuk mengusir Duta Besar Israel, Senin (13/03/2012), kantor berita MENA melaporkan.

Pengusiran Duta Besar Israel disebabkan serangan udara negara Zionis Israel di Jalur Gaza dalam beberapa hari terakhir yang telah menewaskan 25 warga sipil Gaza.

Parlemen dengan suara bulat menyetujui sebuah teks yang telah disiapkan oleh Komite Urusan Arab Majelis Rakyat berisi seruan "pengusiran Duta Besar Israel dari Mesir dan penarikan kembali utusan Mesir dari Tel Aviv," kata MENA.

Sebagai informasi, Mesir dan Israel telah terikat oleh perjanjian perdamaian sejak tahun 1979. Namun hubungan kedua negara menjadi tegang sejak mantan presiden Hosni Mubarak dipaksa mundur tahun lalu oleh kekuatan rakyat.

Kekuatan Islam mendominasi Majelis Rakyat, majelis rendah parlemen, setelah memenangkan pemilihan umum awal tahun ini.

Tak hanya sekedar mengusir Dubes Israel di Mesir dan menarik Dubes Mesir dari Israel, parlemen juga sepakat menyetujui langkah penghentian ekspor gas alam ke negara Yahudi tersebut.

"Mesir tidak akan pernah menjadi teman mesra, pasangan atau sekutu Zionis yang merupakan musuh utama Mesir dan bangsa Arab," demikian isi teks yang dibaca oleh parlemen.

Para anggota legislatif juga meminta negara-negara Arab lainnya untuk melanjutkan "blokade global terhadap Israel". (muslimdaily/arby)


latestnews

View Full Version