View Full Version
Kamis, 29 Mar 2012

Pengadilan Spanyol Bebaskan Pangeran Saudi Dari Tuduhan Pemerkosaan

Pengadilan Spanyol menghentikan penyelidikan terhadap dugaan pemerkosaan yang dituduhkan kepada salah seorang Pangeran Saudi terhadap seorang model di kapal pesiar di Ibiza tiga tahun lalu, Rabu (28/03/2012), laporan AFP.

Kasus ini melibatkan Pangeran Al Walid bin Talal, keponakan Raja Abdullah dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia, yang dituduh telah melakukan kekerasan seksual oleh seorang model berusia 20 tahun pada Agustus 2008.

Pangeran berusia 57 tahun telah membantah tuduhan tersebut. Dia mengatakan, dia tidak berada di dekat Ibiza pada saat itu.

Pengadilan Provinsi Palma de Majorca, ibukota Kepulauan Balearic, Senin (26/03/2012) memerintahkan penghentian persidangan dalam kasus tersebut karena adanya "kontradiksi dan ketidakjelasan" pada keterangan dan kesaksian korban.

Seorang hakim di Ibiza pada Mei 2010 memerintahkan agar menutup kasus ini akibat kurangnya bukti-bukti pendukung. Namun pengadilan justru membuka ulang kasus itu dan meminta pemerintah Saudi untuk mengambil pernyataan dari terdakwa.

Sebagai langkah balik, Oliva Ayala, firma hukum advokat Al Walid mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan sebuah tindakan hukum terhadap wanita pelapor dengan alasan "membuat tuduhan palsu".

"Ini (tuduhan_red) merupakan ketidakadilan yang serius bagi Yang Mulia. Untuk ini, ia telah meminta kami untuk mempelajari bagaimana melanjutkan kasus ini untuk tujuan melindungi orang yang tidak bersalah lainnya dari serangan serupa," katanya.

"Putusan terakhir menegaskan apa yang telah kami katakan selama ini, yaitu bahwa tuduhan terhadap Pangeran Al Walid tidak hanya palsu dan keterlaluan tetapi juga tidak mungkin karena pada saat itu dia tidak berada di Spanyol, melainkan di Prancis bersama istri, anak, cucu dan di hadapan puluhan orang lainnya, "katanya menambahkan.

Wanita itu, yang belum diungkap identitasnya oleh pengadilan, meyakini minumannya telah dibubuhi obat di sebuah klub malam di Ibiza setelah ia bertemu sang pangeran.

"Saya tidak minum banyak, tapi saya pikir ada sesuatu di gelasku," katanya dalam pesan singkat yang dikirim pada 13 Agustus 2008 pukul 05:12 waktu setempat.

Dalam pesan singkat yang dikirim kepada saksi Benedicto Moreno Venecia, setelah bangun di kamar tidur kapal pesiar mewah "Turama" milik keluarga kerajaan Saudi, dia merasa ada seorang pria di atas tubuhnya yang sedang menciumnya dan merasakan sakit di daerah genitalnya.

Pangeran Al Walid bin Talal, menurut Majalah Forbes, merupakan orang terkaya ke-29 di dunia dengan harta kekayaan bersih senilai $18 M (13,5 M Euro). Sang pangeran adalah pemilik sejumlah saham di beberapa perusahaan besar seperti Citibank, Twitter dan News Corporation. (muslimdaily/afp)


latestnews

View Full Version