View Full Version
Senin, 22 Oct 2012

Tak Kuat Membiayai, Otoritas Katolik Akan Jual Gereja Kepada Komunitas

PRANCIS, muslimdaily.net - Warga Muslim di sebuah kota kecil Vierzon di Prancis mungkin akan memiliki Masjid baru. Pasalnya, sebuah gereja tua di kota kecil itu akan dijual kepada komunitas Muslim setempat, demikian dilaporkan The Washington Post, Senin (22/10).

Kabar rencana penjualan Gereja Saint-Eloi's di kota Vierzon itu diketahui setelah seorang pimpinan gereja, Pastor Alain Krauth melontarkan informasi rencana penjualan Gereja di depan jamaah Misa Minggi Gereja Saint-Eloi's, Ahad (21/10).

Rencana penjualan Gereja itu dilontarkannya setelah Otoritas Katolik Roma menyatakan tak lagi mampu membiayai perawatan gereja yang berdiri sejak 1950 itu.

Otoritas Katolik beralasan, enam gereja di satu kota yang berjarak 150 mil dari Paris itu dinilai terlalu banyak untuk ukuran populasi umat Katolik yang makin berkurang tahun demi tahun.

"Jika komunitas Muslim moderat membeli (Gereja) Saint-Eloi's, kami hanya bisa turut berbahagia karena mereka dapat menjalankan ritual agamanya. Jika mereka ternyata adalah termasuk golongan ekstremis, maka itu adalah pertanyaan lain, mengingat ekstremis ada di semua agama," kata Krauth seperti dilansir The Washington Post, Senin (22/20).

Namun, pemikiran terbuka Pastor Krauth rupanya tidak serta merta disambut baik jamaahnya. Usai memberikan pernyataan yang dimuat media-media lokal, Kraut mendapat puluhan keluhan melalui telepon seluler dan emailnya. Keluhan tersebut sebagian disampaikan secara sopan, sebagian yang lain bernada keras. 

Sebagian pihak menganggap tindakannya telah mengkhianati ajaran Nasrani karena menjual Gereja itu kepada umat Muslim. Bahkan sebagian mengancam dengan tindakan yang lebih ekstrem. Mereka akan memelihara babi di Gereja agar komunitas Muslim urung mengajukan proposal pembelian. 

Populasi Muslim di Prancis semakin berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini, Kementerian Dalam Negeri setempat memperkirakan terdapat lima juta penduduk Muslim di Prancis. Jumlah itu merupakan populasi Muslim terbesar yang ada di negara Eropa. [mzf]

*Keterangan gambar: Pastor Alain Krauth berpose di dalam Gereja Saint-Eloi's (sumber: The Washington Post)


latestnews

View Full Version