View Full Version
Senin, 23 May 2016

YMN Bantu Bangun Masjid di Pedalaman

BANJARNEGARA (voa-islam.com) - Yayasan Masjid Nusantara (YMN) membantu membangun Masjid Taman Surga Al-Mu’minun di Dusun Semangkung, Desa Mlaya, Kec. Punggelan Banjarnegara. Pembangunan masjid tersebut sudah dimulai sejak Senin (7/12) 2015 lalu dan akan segera diresmikan pada Jum’at (27/5).

Desa Mlaya merupakan daerah rawan ekonomi dan akidah, banyak warga yang menganut paham animisme serta dinamisme. Mayoritas bekerja sebagai petani, dengan tingkat pendidikan warga yang masih tergolong rendah yakni sekitar 54,5% warga tidak bersekolah. Kondisi masjid di desa ini pun sangat memprihatinkan, bangunannya hampir roboh. Mulai dari atap, kusen dan temboknya banyak yang rapuh, sehingga banyak warga takut untuk pergi ke masjid.

“Alhamdulillah keadaan masjid sekarang sudah baik, semoga dengan ini warga dapat kembali dekat dengan masjid. Teriama kasih kepada para donatur dan juga YMN yang telah membantu renovasi kembali masjid kami,“ ujar Sukirman, Warga Desa Mlaya, Jum’at (20/5).

Pembangunan Masjid Taman Surga Al-Mu’minun merupakan masjid ke-39 yang dibangun YMN semenjak berdirinya pada tahun 2012. Pada saat pembangunannya, terjadi beberapa kendala seperti sulitnya akses menuju lokasi karena desa tersebut hanya memiliki satu akses jalan dengan kondisi batuan pecah dan belum diaspal. Hingga akhirnya warga pun harus mengangkut bahan material dengan menggunakan motor karena kendaraan besar tidak bisa masuk akibat licin.

“Dengan kondisi terbatas, warga tetap bersemangat membangun masjid yang mereka harapkan. Berkat kontribusi para donatur dan juga kerja sama dari masyarakat, Masjid Taman Surga Al-Mukminun bisa berdiri. Semoga masjid ini bisa menjadi benteng bagi masyarakat Semangkung dari hal-hal yang merusak akidah,” ujar Hamzah, Direktur YMN dalam rilis yang diterima voa-islam.com.

Selama tahun 2015 lalu, YMN telah merenovasi 150 masjid serta bantuan sarana seperti karpet dan soundsystem di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Saat ini, YMN sedang dalam proses pembangunan masjid di Sumedang dan Yogyakarta. Melalui berbagai program, YMN berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan masjid sehingga dapat menginisiasi hadirnya peradaban islam. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version