View Full Version
Selasa, 10 Jan 2017

Optimalisasi Peran Masjid, YMN Gelar Training untuk DKM

 

GARUT (voa-islam.com) - Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pengelola masjid agar dapat mengoptimalisasikan peran masjid, YMN (Yayasan Masjid Nusantara) menggelar kegiatan Training Manajemen Masjid di Kebun Bunisari Lendra, di Jl. Cinengah, Sukamukti, Kec. Cisompet, Kab. Garut. Kegiatan diisi dengan pemberian materi mengenai keutamaan masjid sebagai penggerak peradaban dan syiar Islam, serta diskusi mengenai pengelolaan masjid.

“Program ini hadir untuk meningkatkan kualitas SDM masjid, khususnya untuk pengurus masjid. Harapan kami peserta yang telah mengikuti kegiatan ini mendapatkan ide-ide baru dalam mengelola masjid di daerahnya secara lebih baik lagi agar peran dan fungsi masjid bisa lebih optimal,” papar Hamzah Patdri, Direktur YMN, Senin (19/12).

Kegiatan digelar secara gratis untuk 40 orang DKM di Kab. Garut. Sebelumnya program Training Manajemen Masjid telah dilaksanakan di Kab. Tasikmalaya pada akhir bulan Oktober dan diikuti oleh 20 orang DKM di sana. Hamzah menambahkan, sasaran pelaksanaan program ditujukan untuk masjid di daerah-daerah yang dirasa belum mengoptimalkan peran masjid di wilayahnya.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan ilmu serta pandangan baru mengenai keutamaan masjid. Selama ini banyak sekali kendala yang saya temui dalam upaya pemakmuran masjid. Melalui pelatihan ini saya menjadi lebih tahu pengalaman masjid-masjid lain yang telah berhasil memakmurkan masjid. Semoga saya dan pengurus yang lain dapat menerapkannya juga di masjid kami,” ujar Tatang Komarudin, DKM Masjid Nurul Ikhwan, Desa Cikondang, Garut.

Selanjutnya, program Training Manajemen Masjid akan dilaksanakan di Lembang dan Tegal. Program ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin 1 bulan sekali di beberapa wilayah di Indonesia. [rilis/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version