View Full Version
Selasa, 31 Oct 2017

Aliansi Alumni BEM Bandung Raya Dukung Mahasiswa Kritis Tanpa Terkecuali

RELEASE KONSOLIDASI DAN KONFERENSI PERS

Salam perjuangan!

Sejarah Demokrasi Kita Pada Titik Nadir!

Penangkapan dan penahanan terhadap mahasiswa yang melakukan aksi damai pada tanggal 20 Oktober yang lalu, merupakan awan gelap dalam praktek demokrasi di Indonesia. Pasal-pasal yang dikenakan tidak merujuk pada konteks ke UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum sebagai aturan dalam mengemukakan pendapat di muka umum.

Pasal yang dikenakan justru dari KUHP, antara lain pasal 160 KUHP (Penghasutan), 170 KUHP (Kekerasan terhadap barang), 216 KUHP (Tidak menuruti perintah pejabat) dan 218 KUHP (Kegaduhan). Di sisi lain, Kepolisian melakukan perilaku represif dengan mengepung, mengintimidasi dan menangkap mahasiswa yang melakukan aksi. Ini adalah titik nadir dari sejarah demokrasi di Nusantara tercinta.

Oleh karena itu, kami sampaikan kepada pemerintah Jokowi-JK bahwa kami:

 

MENYATAKAN:

  1. Mendukung mahasiswa untuk kritis dan objektif tanpa terkecuali dalam mengevaluasi pemerintahan Jokowi-JK, karena sesungguhnya separuh nafas bangsa ini dihembuskan oleh gerakan mahasiswa.
  1. Menolak dengan keras sikap represif dari Kepolisian, dimana sikap tersebut adalah kesalahan fatal dalam berdemokrasi yang tidak boleh terulang lagi di masa depan.
  1. Mendesak Polda Metro Jaya untuk membebaskan tanpa syarat dan merehabilitasi nama baik semua adik-adik kami dari BEM yang turut serta dalam Aksi 20 Oktober 2017 di Istana, dan mengeluarkan SP3 karena tidak cukup bukti dan aksi mahasiswa tersebut tidak memenuhi unsur tindak pidana.
  1. Menuntut pemerintah untuk bersikap satria dengan tidak mengorbankan mahasiswa sebagai alat pengalihan isu dalam momen evaluasi 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK.
  1. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tidak takut untuk bersuara, karena Indonesia adalah negara demokrasi yang besar di dunia. Peristiwa yang terjadi saat ini bukanlah momen bisu bagi kita untuk bersikap kritis.

 

Demikian release ini kami buat untuk diperhatikan.

Hidup Rakyat Indonesia!

 

Aliansi Alumni BEM Bandung Raya Lintas Generasi

 

Tertanda,

  1. Alumni BEM KEMA Unpad
  2. Alumni KM ITB
  3. Alumni BEM REMA UPI
  4. Alumni BEM Polban
  5. Alumni BEM STT Tekstil
  6. Alumni BEM Poltekkes Bandung
  7. Alumni BEM STT Telkom (Tel-U)
  8. Alumni BEM Polman
  9. Alumni BEM Poltekpos
Share this post..

latestnews

View Full Version