View Full Version
Jum'at, 15 Mar 2019

Salam UI Ungkap Belasungkawa dan Kecam Aksi Terorisme di Masjid Al Noor Selandia Baru

“PERNYATAAN SIKAP SALAM UI DAN LD SE-UI TERHADAP AKSI TERORISME MASJID CHRISTCHURCH, SELANDIA BARU”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Telah terjadi aksi teror berupa penembakan massal pada Jumat, 15 Maret 2019, yang berlokasi di Masjid Al Noor, Masjid Linwood, serta beberapa tempat lainnya di Kota Christchurch, Selandia Baru. Aksi teror tersebut dilancarkan bertepatan dengan ibadah Salat Jumat yang diselenggarakan sekitar pukul 13.45 NZST.

Sampai saat ini (Jumat, 15/03 17.30 WIB), aksi penembakan tersebut telah menyebabkan tewasnya 49 orang dan lebih dari 48 lainnya luka-luka. Kepolisian Selandia Baru telah mengamankan empat orang pelaku aksi teror tersebut.

Satu diantaranya diidentifikasi sebagai Brenton Tarrant (28), seorang kebangsaan Australia, yang mempublikasikan manifesto sepanjang 87 halaman di laman media sosial pribadinya yang berisikan ujaran anti-Islam dan anti-imigran serta justifikasi untuk melakukan penembakan terhadap muslim.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam siaran persnya mendeskripsikan kejadian ini sebagai “kejahatan yang belum pernah dialami oleh publik Selandia Baru sebelumnya,” dan sebagai “salah satu hari terkelam dalam sejarah Selandia Baru.”

Menanggapi aksi teror tersebut, Lembaga Dakwah Kampus Nasional Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (LDKN Salam UI) beserta Lembaga Dakwah se-UI (LD se-UI) sebagai lembaga kerohanian Islam yang menjunjung tinggi nilai solidaritas, kemanusiaan, perdamaian, dan persaudaraan merasa perlu menyatakan sikapnya.

Pertama, Salam UI dan LD se-UI, sebagai bagian dari masyarakat dunia yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan, menyatakan rasa belasungkawa yang mendalam atas terjadinya insiden ini.

Kedua, Salam UI dan LD se-UI, sebagai bagian dari masyarakat dunia yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, mengecam seluruh tindakan terorisme, kejahatan kemanusiaan, dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aktor manapun, tidak terkecuali pelaku penembakan di Christchurch, Selandia Baru.

Ketiga, Salam UI dan LD se-UI, sebagai bagian dari masyarakat dunia yang menjunjung tinggi nilai keadilan, mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah Selandia Baru, Australia, dan Indonesia, serta pemerintahan manapun, untuk melakukan perlawanan terhadap aksi teror, kejahatan kemanusiaan, dan pelanggaran HAM.

Terakhir, Salam UI dan LD se-UI, sebagai lembaga kerohanian Islam dan bagian dari masyarakat internasional yang menjunjung tinggi solidaritas kemanusiaan, mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersabar dan mendoakan keselamatan bagi warga Selandia Baru, serta senantiasa berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Demikian pernyataan sikap kami.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Depok, 15 Maret 2019

Ketua Aliansi LD se-UI,

Ahmad Safe’i Ridwan


latestnews

View Full Version