View Full Version
Selasa, 16 Jun 2015

Jusuf Kalla Dapat Piagam Penghargaan Perdamaian Poso

POSO (voa-islam.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara 'Puncak Harmoni Poso' di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Di tengah acara, JK mendapatkan piagam penghargaan dalam perannya mendamaikan konflik rasial di Poso beberapa tahun silam.

JK tiba di lapangan Kabupaten Poso, ‎Selasa (16/6/2015) sekitar pukul 11.15 Wita. Saat tiba, JK disambut ribuan masyarakat Poso yang mengelu-elukan namanya.

Dalam sambutannya, Bupati Poso Piet Inkiriwang menyebut JK adalah tokoh yang sangat penting bagi masyarakat Poso. Kehadiran JK di tahun 2002 untuk turun tangan melerai konflik rasial di Poso dan menginisiasi perdamaian kelompok yang bertikai akhirnya membuahkan hasil.

"Saya sungguh sangat berterima kasih kepada Bapak Wapres Jusuf Kalla, berkat beliau yang menjadi satu-satunya tokoh yang datang ke Poso saat konflik terjadi, beliau juga yang menjadi pelaku langsung perdamaian Poso," kata Piet.

Saat konflik rasial di Poso terjadi, JK menjabat sebagai Menko Kesra era Presiden Megawati. Saat itu, JK langsung datang ke Poso guna menyelesaikan masalah, meskipun keadaan Poso masih sangat panas. Atas jasanya itu, JK diberi penghargaan sebagai tokoh perdamaian. [detik/roj]


latestnews

View Full Version