View Full Version
Ahad, 30 Aug 2015

Ekonomi Indonesia Kondisinya Sudah Sangat Kritis!

JAKARTA (voa-islam.com) - Kalau dilihat dari tren pertumbuhan ekonomi yang turun terus sejak 2013 hingga sekarang, kondisi ekonomi Indonesia sekarang ini sudah masuk dalam kategori kritis.

“Di 2014, angka pertumbuhan ekonomi kisaran lima persen. Lalu di tahun 2015 turun di bawah lima persen, yakni sekitar 4.7 persen,” kata Direktur Eksekutif Institute for Developement of Economics and Finance, Enny Sri Hartati, dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (29/8).

Sebenarnya, tambahnya, banyak sekali indikator sebagai paramater untuk melihat kondisi ekonomi suatu negara. Tapi, lembaganya sekarang ini menggunakan indikator yang paling gampang, yakni angka pertumbuhan ekonomi.

...pemerintah mesti mendorong UMKM agar lebih kuat, UMKM punya daya tahan yang kuat terhadap krisis

Fakta penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, mestinya menjadi cambuk bagi pemerintah sekarang. Pemerintah harus mencari formulasi kebijakan yang tepat. Karena, kondisi sekarang berbeda dibanding tahun 1998.

“Zaman 98, UMKM kita kondisinya lebih bagus. Ditambah lagi harga komoditas juga masih tinggi,” tutur Enny.

Karena itu, katanya lagi, pemerintah mesti mendorong UMKM agar lebih kuat, UMKM punya daya tahan yang kuat terhadap krisis. [tom/pur/pribuminews]

Editor: RF


latestnews

View Full Version