View Full Version
Senin, 31 Aug 2015

JK: Gejolak Poso, Ambon, dan Aceh Hasil dari Ketidakadilan

JAKARTA (voa-islam.com)- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengingatkan semua pihak, termasuk dirinya sendiri agar mewaspadai gejolak-gejolak politik yang ada. Ia mnyebut, jika perhatian ini luput, maka konflik bisa timbul.

Akan tetapi ia menyatakan, bila ingin membandingkan dengan Negara lain, mantan Ketua Umum Golkar merasa yakin bahwa Indonesia lebih aman daripada Negara Asia lainnya.

"Setiap kali bisa timbul kembali, kalau kita tidak melaksanakan negeri ini dengan berhati-hati," katanya Senin (31/08/2015), seperti yang dikutip Viva.

JK, demikian panggilan akrabnya, menjelaskan mengapa konflik bisa muncul ke permukaan karena katidakadilan di tengah-tengah masyarakat. Pun termasuk kesenjangan sosial yang semakin melebar.

Dari catatan yang dibuatnya, JK mengatakan selama 70 tahun Indonesia merdeka setidaknya ada 15 konflik besar di negeri ini. "Dari 15 itu 10 karena ketidakadilan," ucapnya.

Ketidakadilan muncul karena kemajuan tidak banyak dicapai. JK mencontohkan ketidakadilan yang memicu konflik Aceh, Poso, dan Ambon. 

"Ada ketidakadilan politik, sosial, ekonomi. Inilah tugas kita. Artinya apabila ingin menghindari konflik berarti menjaga keadilan bangsa ini," katanya. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version