View Full Version
Kamis, 26 Nov 2015

Gerakan Buruh Indonesia Akan Pidanakan APINDO Akibat Organisir Tindak Kekerasan

JAKARTA (voa-islam.com)- Gerakan Buruh Indonesia (GBI) bakal menggugat para pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) atas tuduhan mengorganisir percobaan pembunuhan.  Gabungan berbagai konfederasi dan federasi buruh itu menuding APINDO mengumpulkan sejumlah pihak untuk melakukan kekerasan terhadap mogok nasional buruh di berbagai tempat; terutama kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, Bekasi.

GBI akan mengajukan gugatan pidana itu menyusul bukti sejumlah pertemuan para pejabat APINDO di berbagai wilayah di Indonesia. “Secara pidana, sudah ditemui beberapa fakta, bukti transkrip dan rekaman pertemuan-pertemuan oleh Apindo hampir di seluruh indonesia yang mengundang unsur kepolisian dan unsur yang tidak ada hubungannya dengan hubungan industrial, antara lain lurah, preman, ormas, pengusaha limbah,” ujar Presidium GBI, Said Iqbal, dalam rilis di LBH Jakarta.

Salah satu bukti kuat adalah tranksip pertemuan pada 21 November 2015 antara perwakilan APINDO, ormas dan pengusaha limbah. Pengusaha limbah adalah masyarakat yang mendapat izin dari perusahaan untuk menjual limbah-limbah perusahaan dan mengantongi hingga miliaran rupiah dari itu.  “Jam 9.43 di kantor (kawasan industri) MM 2100. Yang patut diduga itu adalah rencana pembunuhan pada peserta Monas karena akan dilakukan kekerasan. Itu pidana,” protesnya. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version