View Full Version
Senin, 21 Mar 2016

Pilgub DKI, Sejarawan: Minat Rendah Berpolitik, Orang Betawi Mengalami Kemunduran

JAKARTA (voa-islam.com)- Sejarawan, JJ Rizal menyatakan bahwa saat ini putra-putra Betawi sedang mengalami kemunduran dalam beberapa hal. Dan menurutnya orang Betawi saat ini telah terjadi di era Fauzi Bowo.

Di antaranya Rizal menyebut bahwa orang Betawi saat ini dipandang sebagai banyak 'lagak'. Tetapi tidak mampu berbuat sesuatu langkah.

"Di Jakarta, saat ini orang Betawi sedang mengalami masalah. Dan ini telah terjadi zaman mantan Gubernur Fauzi Bowo. Orang Betawi mengalami kekalahan.

Di antaranya saja sebab dari beberapa organisasi Betawi yang mencari keuntungan sendiri. Sehingga dalam politik putra Betawi mendapatkan stigma banyak lagak doang, tetapi kurang aksi," ucapnya, beberapa waktu lalu, di salah satu hotel di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Melihat hal tersebut, ia menyampaikan bahwa ini sebetulnya pukulan yang perlu diperhatikan serius. Bagaimana tidak, orang Betawi kini pun dipandang sebelah mata.

"Ini pukulan berat. Padahal dalam periode yang panjang Betawi mempunyai pemikiran berlandaskan historis," tambahnya.

Sehingga, lanjutnya, orang Betawi pun seakan terpinggirkan. Terlebih dalam urusan politik (kekuasaan).

"Namun demikian pun pasrtisipasi untuk politik orang Betawi sangat rendah. Orang Betawi tidak ada di struktur politik," tutupnya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version