View Full Version
Kamis, 31 Mar 2016

Autopsi Siyono Ditolak Warga, Komnas HAM Heran

KLATEN (voa-islam.com)—Autopsi ulang jenazah Siyono oleh dokter RS Muhammadiyah yang semestinya dilakukan Rabu (30/3/2016) ditunda. Penundaan ini disebut-sebut karena dihalangi oleh warga sekitar.

Hal ini disesalkan oleh Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani. "Mereka mengancam kalau autopsi tetap dilakukan, jenazah Siyono ditolak dikuburkan di situ," kata Siane, Rabu (30/3/2016) seperti dikutip Republika Online.

Siane mengungkapkan bahwa beberapa hari yang lalu secara tiba-tiba muncul pergerakan dari aparatur desa, yang mengadakan rapat untuk membahas kematian Siyono. Tanpa penjelasan rinci, rapat itu dikabarkan telah mengambil keputusan kalau tokoh masyarakat menolak adanya proses autopsi kepada jenazah Siyono.

Padahal, lanjut Siane, autopsi merupakan sebuah tindakan medis yang dikategorikan sangat biasa, terlebih bagi para terduga teroris yang meninggal dunia. Maka itu, ia mengaku cukup heran dengan kondisi terakhir yang seakan menghambat dan menyulitkan proses penegakan hukum.

Siane meminta jangan ada pihak yang memperkeruh suasana dengan melakukan adu domba karena dikhawatirkan menimbulkan konflik horizontal. Ia berharap masyarakat sekitar dapat berpikir jernih, sehingga tidak mudah terhasut pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version