View Full Version
Senin, 13 Feb 2017

Tausiyah Menghadapi Pemilukada Serentak, MUI: Jangan Golput dan Pilih Pemimpin Muslim

JAKARTA (voa-islam.com)- Sehubungan dengan akan dilaksanakannya agenda pemilukada secara serentak pada tanggal 15 Februari 2017, dan mengingat tanggung jawab warga negara untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, maka Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia menyapaikan taushiyah, di antaranya masyarakat, khususnya umat Islam dihimbau agar menjaga kondusifitas.

Masyarakat juga diminta agar ikut serta mengawasi berlangsungnya Pemilukada nanti. "Menghimbau kepada mayarakat, khususnya umat Islam untuk menjaga situasi agar tetap aman, damai dan terbangun suasana kehidupan yang penuh harmoni.

Masyarakat agar ikut serta mengawasi proses pelaksanaan pemilukada, sehingga mencegah potensi terjadinya kecurangan dan gangguan keamanan," demikian siaran pers yang didapat voa-islam.com, Jum'at (10/02/2017).

MUI juga meminta kepada umat Islam agar menggunakan hak pilihnya. Dihimbau tidak golput.

"Meminta kepada umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab, sesuai dengan tuntunan agama. Sebagaimana Hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia Tahun 2009; Memilih pemimpin menurut ajaran Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama."

MUI juga menghimbau agar masyarakat, khususnya umat Islam agar dapat memilih calon pemimpin muslim. Juga dapat memperjuangkan kepentingan Islam.

"Dalam menggunakan hak pilihnya, Umat Islam wajib memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (siddiq), terpercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh), mempunyai kemampuan (fathonah), dan memperjuangkan kepentingan umat Islam." (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version