View Full Version
Kamis, 06 Apr 2017

Esensi Demokrasi Indonesia sebab Pilkada DKI Alami Kemunduran

JAKARTA (voa-islam.com)- Beberapa pelanggaran yang telah terjadi di kompetisi Pilgub DKI Jakarta dikatakan sudah mencederai esensi demokrasi di Indonesia. Padahal menurut salah satu pengamat politik esensi itu dibutuhkan dalam kompetisi di Pilgub DKI saat ini.

"Kembalikan demokrasi pada tempat dan tujuannya. Demokrasi itu bukanlah soal kalah atau menang, melainkan hanya untuk kesejahteraan rakyat.

Dan ini yang mestinya menjadi komitmen dua kandidat," kata Karyono Wibowo, Rabu (5/04/2017), di kawasan Cikini, Jakarta.

Ia juga menyinggung para pendukung dari dua pasangan calon yang ada. Menurutnya, para pendukung kadangkala tidak mencerminkan elit politik yang, padahal sedang bertarung.

"Kadang dari elitnya itu tidak pernah ada masalah. Yang menjadi masalah justru dari para pendukungnya. Di antaranya tidak siap menerima hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekalahan," tambahnya.

Demikian catatannya untuk demokrasi saat ini sebab adanya kompetisi Pilkada DKI. Dan baginya demokrasi Indonesia sedang mengalami kemunduran.

"Demokrasi kita mengalami kemunduran," tutupnya singkat. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version