View Full Version
Kamis, 06 Apr 2017

Warga DKI Dinilai Sudah Cerdas dalam Memilih Cagub, Tidak Berpengaruh dengan Elit Politik

JAKARTA (voa-islam.com)- Salah satu tim sukses pasangan calon Gubernur DKI Jakarta menyebutkan bahwa warga kini sudah cukup cerdas dalam menentukan pilihan. Sehingga pengaruh para tokoh di belakang atau bisa dikatakan tokoh yang berpengaruh di antara masyarakat paslon ia katakan tidak akan signifikan.

"Dari dimensi pemilih selain hati-hati sekali, kini Pilkada DKI Jakarta pengaruh tokoh masyarakat tidak terlalu banyak, atau sedikit," sampai Syarif, Timses dari Anies-Uno, Rabu (05/04/2017), di wilayah Cikini, Jakarta.

Kisaran itu ia sebutkan misalnya saja bahwa pengaruh tokoh atau elit dari masing-masing Paslon tidak lebih dari 6 persen. Sedangkan karena dorongan "kecerdasan" akal, ia menyebutkan bahwa kisaran pemilih karena indikasi ini mencapai 80 persen lebih.

"Riset saat itu hanya 5 persen saja seorang tokoh atau elit mempengaruhinya. Sebanyak 85 persen malah warga menentukan pilihannya secara pribadi atau personal," bebernya.

Di lain soal, mengenai banyaknya warga menolak Ahok karena masuk kampung mereka, menurut Syarif hal biasa. Itu artinya warga mengetahui bahwa Ahok nampak tidak disukai.

"Dan, penolakn itu bagi saya biasa saja. Itu kan psikologi Ahok (saat itu). Kini (mungkin) ada perubahan," tutup politisi Gerindra tersebut. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version