View Full Version
Kamis, 01 Jun 2017

Afi Nihaya Diduga Plagiat

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Sosok Asa Firda Inayah dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, belakangan ini menjadi sorotan netizen dan publik di Indonesia, tulisannya berjudul "Warisan" di facebook menarik perhatian publik baik pro dan kontra.

Tulisan "warisan" yang dianggap membela yoleransi beragama itu dinilai sangat cerdas dan jenius karena dibuat oleh remaja seusia sekolah seperti Afi. 

Sejak itu, berbagai undangan diskusi dan wawancara baik off-air dan on-air menghampiri remaja asal Banyuwangi ini. Bahkan, sejumlah pejabat negara mengundangnya secara khusus.

Namun, pada Rabu Malam (31/5/2017) netizen dihebohkan dengan tulisan seorang pegiat sastra sekaligus bloger, bernama Pringadi Abdi Surya.

Pringadi dalam tulisannya berjudul "Drama 'Dugaan' Plagiarisme Afi Nihaya Fardisa" ( http://m.kompasiana.com/pringadiasurya/drama-dugaan-plagiarisme-afi-nihaya-faradisa_592e7127747a61420332ee81 ) di blog Kompasiana, secara serius membahas dugaan plagiarisme oleh Afi.

"Tulisan Afi mengenai belas kasih ini bisa dibilang sama persis dengan tulisan Mita Handayani yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016. Bahkan, status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita," kata Pringadi dalam blognya yang dipublikasi Rabu (31/5).

Afi dalam tulisan ”Belas Kasih Dalam Agama Kita” diduga mengcopy paste tulisan Mita dengan memecah tulisannya lalu diberikan sejumlah penambahan.

"Bila kita bandingkan dengan tulisan Afi, akan kita temukan perbedaan lain, yakni tambahan 3 paragraf pada tulisan Afi, yang paragraf terakhir (namun hanya satu kalimat) adalah saduran kalimat yang diucapkan Malala,” papar Pringadi dalam tulisannya. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version