View Full Version
Kamis, 08 Jun 2017

Pendidikan dan Politik, Dua Hal yang Sulit Dipisahkan Membentuk Peradaban

JAKARTA (voa-islam.com)- Setiap pendidikan Islam semestinya tidak salah jika menghadirkan atau mempunyai jiwa yang mencerahkan. "Muhammadiyah melakukan pencerdasan dan pencerahan. Pendidikan Islam itu harus punya jiwa at-Tanwir. Memberi pencerahan," tulisn Haedar Nashir, di akun Twitter pribadi miliknya.

Dia mengatakan bahwa amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah di bidang pendidikan bekerja untuk mengimplementasikan ajaran Islam terkait dengan iqra'.

"Iqra' jadi hal yang penting dalam proses pendidikan yang membentuk peradaban. Islam telah jadi peradaban dunia melalui proses iqra'," tambah Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut.

Tidak hanya itu, di samping bidang pendidikan itu penting bagi umat, ekonomi juga menurutnya tidak kalah penting untuk menunjukkan kekuatan sebuah bangsa. "Bangsa yang kuat adalah bangsa yang mempunyai kekuatan ekonomi. Membangun umat melalui pendidikan juga tidak mudah."

Pendidikan itu menurutnya harus pula mampu berdayakan umat yang ada. "Bicara pendidikan di Indonesia juga erat kaitannya dengan politik pendidikan di Tanah Air. Bagaimana para pemangku pendidikan bisa berperan dengan baik." (Robi/voa-islam.com)

 


latestnews

View Full Version