View Full Version
Senin, 19 Jun 2017

Demi Ciptakan Politik Berkemanusiaan, Gerindra Mantap sebagai Oposisi

JAKARTA (voa-islam.com)- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Gerindra meyakini bahwa oposisi adalah sebuah keniscayaan di dalam ranah demokrasi. Tidak hanya itu, oposisi juga dinilai sebagai kekuatan penyeimbang yang mampu bertugas check and balances terhadap pemerintahan.

“Fungsi check and balances memainkan peranan penting sehingga tercipta tatanan politik yang berkemanusiaan,” demikian tuit akun Twitter resmi milik Gerindra, beberapa waktu lalu.

Gerindra menilai, sistem demokrasi bukanlah sebuah jaminan untuk tidak berlaku berbuat sewenang-wenang. “Karena sebaik apapun sistem demokrasi dibangun, selalu ada potensi untuk penyalahgunaan wewenang.

Seperti kata Lord Acton, ‘Power tends to corrupt, absolute power corrupt absolutely’. Kekuasaan cenderung korup, kekuasaan absolut pasti korup.”

Oleh karena itu, partai besutan Prabowo Subianto ini memandag perlu adanya hal di atas untuk menjadi kekuatan sebagai penyeimbang yang akan mencegah penguasa memiliki kekuasaan absolut.

“Partai Gerindra sebagai oposisi konsisten menjalankan fungsi sebagai mitra dan kekuatan penyeimbang penguasa. Partai Gerindra menjadi mitra kritis eksekutif dalam menjalankan pemerintahan dan kebijakan publik.” (Robi/voa-islam.com)

Share this post..

latestnews

View Full Version