View Full Version
Selasa, 11 Jul 2017

Ada Oknum/Kelompok yang Coba Robohkan Tonggak Reformasi, DPR

JAKARTA (voa-islam.com)- Ada dugaan oknum-oknum yang mencoba mendiskreditkan wajah DPR RI belakangan ini, sebut saja soal Hak Angket yang kini sedang hangat-hangatnya menjadu buah bibir di kalangan masyarakat luas.

“Sudah banyak pernyataan lisan dan tulisan dari DPR, betapa KPK tidak akan dibubarkan. Istana negara makin enggak mutu dalam memberikan posisi,” kata Indra J. Piliang melalui akun Twitter pribadinya, Senin (10/07/2017).

Apabila hal demikian terjadi, maka bisa jadi oknum atau kelompok tersebut menurut pengamat politik sama saja menafikan Trias Politica. “Trisula Trias Politica ingin tuan-tuan patahkan salah satu tombaknya: PARLEMEN? Berarti tuan-tuan sedang merembeskan air pada dinding-dinding kanal.”

Bagi Indra, cara-cara demikian sama saja seperti mengkhianati perjuangan yang pernah dilakukan. “Cara tuan-tuan menebalkan gincu  di bibir itu sama dustanya dengan ingatan yang sengaja tuan-tuan campakkan dari catatan tuan-tuan sendiri. Lupa pada diri?”

Indra menyatakan di atas karena Parlemen saat ini terus-menurus seperti disudutkan. Bahkan ada indikasi ingin merobohkan image parlemen. “Terus menerus hujani Parlemen dengan tombak imajinasi, persepsi, dan air liur saja: aku juga berhak menuduh tuan-tuan sedang hancurkan tonggak reformasi.”

Indra mengingatkan, pun ketika Orde Baru tumbang: kerja pertama kaum reformis adalah memperkuat parlemen dengan membatasi kekuasaan lembaga kepresidenan. “VOC yang berusia 2 abad memang bubar gegera korupsi. Tapi Jasmerah (jangan lupakan sejarah): petisi pertama kaum reformis colonial adalah Indonesia berparlemen.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version