View Full Version
Jum'at, 01 Sep 2017

Mardani: Rohingya Darurat Krisis Kemanusiaan

JAKARTA (voa-islam.com)--Mardani Ali Sera, anggota DPR RI Fraksi PKS menganggap apa yang terjadi di Rohigya, Myanmar merupakan sebuah darurat krisis kemanusiaan. Ia mengutuk kebijakan pengusiran dan pembantaian etnis Rohigya oleh militer Burma terhadap Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

"Rohingya dalam kondisi Darurat Krisis Kemanusiaan," kata Mardani dalam siaran pers yang diterima Voa Islam, Kamis (31/8/2017). 

Mardani meminta pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi untuk terus berperan lebih aktif lagi mendorong penyelesaian konflik Rohingya. 

Ia menuturkan, Indonesia punya dua modal kenapa perlu berperan lebih aktif dalam krisis Rohingya. Pertama, secara geografis Indonesia dan Myanmar tergabung dalam negara ASEAN. Kedua, Indonesia negara Muslim terbesar di dunia.

Lebih lanjut Mardani mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang tengah mengembangkan pembangunan rumah sakit dan sekolah di Rakhine pada Oktober mendatang.

"Alhamdulillah, ini yang sudah lama kita tunggu," ujarnya. 

Internasional Organization for Migran (IOM) melainsir sedikitnya 18.500 Muslim Rohigya telah dipaksa melarikan diri ke Bangladesh dalam enam hari terakir karena pertempuran di daerah Myanmar barat baru-baru ini menewaskan sekitar 100 orang. Hal itu menyebabkan beberapa banyak orang yang menjadi sakit dan banyak yang menderita luka akibat hujan peluru. * [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version