View Full Version
Selasa, 03 Oct 2017

Daripada Pikirkan Berpasangan dengan Siapa di 2019, Baiknya Jokowi Lakukan Ini

JAKARTA (voa-islam.com)- Bukan dengan siapa Joko Widodo berpasangan untuk di tahun 2019, tapi dengan apa dia mau melakukan perubahan yang ada saat ini untuk masyarakat banyak. Di antaranya Jokowi dapat melakukan perbaikan cara komunikasinya dengan masyarakat dan mengubah paradigma ekonomi pada umumnya.

“Bukan tepat Jokowi ingin berpasangan dengan siapa, ya. Kalau saya lebih melihat kalau beliau mesti mengubah policy-nya ekonominya dan pola komunikasinya. Jadi ada dua hal bagaimana dia memanej lingkungan sekitarnya,” kata Rico Marbun dari Media Survei Nasional, Senin (2/10/2017), di Jakarta.

Salah satu yang dapat Jokowi kerjakan adalah bagaimana menjelaskan kebijakan yang dia buat ke masyarakat tetapi langsung menyentuh persoalan. Bukan justru sibuk membangun infrastruktur, yang menurut Rico justru tidak menyentuh substansi kesejahteraan.

“Misalkan saja public menganggap kebijakan Jokowi ini yang memasifkan infrastrukturnya itu kok tidak ada hubungannya dengan perbaikan kesejahteraan di tingkat yang paling mikro. Di tingkat keluarga, itu mereka tidak merasakan,” tambahnya memberikan saran.

Selain itu, Jokowi juga diminta memperhatikan utang RI yang kabarnya sudah hampi menyentuh 4.000 triliun. Pun juga termasuk membangun komunikasi dengan umat Islam, yang belakangan ini dianggap kurang baik.

“Itu seharusnya yang dievaluasi. Mungkin juga soal utang. Yang selanjutnya Pak Jokowi mungkin harus mengubah komunikasi politiknya dengan umat Islam atau yang mereka dirasa di-represif, begitu,” tutupnya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version