View Full Version
Ahad, 31 Dec 2017

Catatan Akhir Tahun Ekonomi Rezim Jokowi: Antara Wacana dengan Praktik Tidak Nyambung

JAKARTA (voa-islam.com)- Sepanjang tahun 2017 perekonomian Indonesia banyak dipenuhi kabar murung. Hal itu tak lepas dari strategi pembangunan pemerintah yang tak jelas.

“Ini kesimpulan saya dalam refleksi akhir tahun di bidang ekonomi,” kritik Fadli Zon, melalui akun Twitter pribadi miliknya, Sabtu (30/12/2017). Menurut Fadli malah dari awal pemerintah sepertinya memang tak punya konsep yang jelas dalam pembangunan.

“Ini bisa kita lihat dari jargon yang dibangun. Saat naik, pemerintah mengusung jargon ‘Revolusi Mental’, seolah itu akan jadi ‘blue print’ kerja selama lima tahun. Tapi kemudian mereka bangun ternyata adalah infrastruktur fisik. Jadi, antara wacana yang diproduksi dengan praktik yang dikerjakan tidak nyambung.”

Dugaan Fadli pun diakui keliru saat mengetahui bahwa konsep Revolusi Mental-nya Jokowi tidak sesuai apa yang ia harapkan.  “Semula saya mengira ‘Revolusi Mental’ itu akan jadi sejenis gagasan ‘people centered development’-nya David Korten.

Gagasan itu adalah kritik terhadap konsep pembangunan ekonomi yang berorientasi mengejar pertumbuhan dengan mengabaikan aspek pembangunan manusia dan lingkungan. Tapi dugaan itu ternyata keliru. Pemerintah sendiri kini bahkan tak pernah menyebut lagi jargon ‘Revolusi Mental’ tersebut.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version