View Full Version
Ahad, 31 Dec 2017

Peringkat Infrastruktur Rezim Jokowi Tidak Lebih Baik daripada Empat Tahun Lalu

JAKARTA (voa-islam.com)- Infrastuktur yang dikebut oleh pemerintahan Joko Widodo nampaknya tidak membuat Indonesia naik peringkat. Hal ini misalkan saja dapat dilihat dari peringkat Indonesia yang tidak lebih baik daripada empat tahun lalu.

“Klaim belanja infrastruktur yang meningkat memang tak sejalan dengan indikator pembangunan yang ada. Buktinya, peringkat infrastruktur Indonesia tiga tahun ini tak lebih baik dibanding empat tahun lalu,” kata Fadli Zon, di akun Twitter pribadi miliknya, Sabtu (31/12/2017).

Sebagai gambaran, kata Fadli, pada periode kedua SBY peringkat pembangunan infrastruktur kita indeksnya meningkat tajam dari 82 (2009) ke 56 (2014), dengan skor yang juga melonjak, dari sebelumnya 3,2 menjadi 4,4. Di awal pemerintahan Jokowi, peringkat kita turun ke posisi 62 (2015).

“Memang tahun ini kita kembali memperbaiki peringkat, dengan naik ke peringkat 60, tapi dengan kenaikan skor yang hanya 0,1. Ini tentu agak aneh jika dibandingkan dengan klaim besarnya lonjakan belanja infrastruktur yang sering digembar-gemborkan pemerintah.”

Fadli lagi-lagi menghimbau agar pembangunan untuk dievaluasi. “Saya sering mengingatkan pemerintah seharusnya evaluasi kembali pembangunan infrastruktur.

Kita semua sepakat pembangunan infrastruktur memang penting. Tapi pembangunan infrastruktur yang ditopang oleh utang dan tidak memperhatikan skala prioritas, sebenarnya sangat berbahaya.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version