View Full Version
Selasa, 02 Jan 2018

Tiga Tahun Terakhir Menjabat, Pemerintahan Jokowi Sumbang Kemiskinan (Meningkat)

JAKARTA (voa-islam.com)- Pada periode September 2016 hingga Maret 2017, indeks kedalaman kemiskinan dan keparahan kemiskinan tercatat mengalami kenaikan. Indeks kedalaman kemiskinan pada September 2016 adlh 1,74.

“Pada Maret 2017, angkanya naik menjadi 1,83. Demikian juga dengan indeks keparahan kemiskinan, naik dari semula 0,44 kemudian menjadi 0,48,” Fadli Zon mengkritisi, di akun Twitter pribadi miliknya di penutup akhir tahun 2017.

Menurut dia ini tentu saja memprihatinkan. Jika kita belajar teori pembangunan, keberhasilan pembangunan itu sebenarnya diukur oleh tiga indikator, yaitu kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan. “Jadi, ukuran keberhasilan pembangunan bukanlah berapa ribu kilometer jalan tol yang berhasil dibangun, tapi berapa jumlah orang miskin yang kini hidupnya sejahtera.”

Meski diklaim berkurang, tapi menurut politisi Gerindra ini jumlah orang miskin 2014 dengan 2017 tak jauh beda. Secara agregat jumlahnya memang berkurang sedikit, tapi merujuk pada indeks kedalaman kemiskinan, dalam tiga tahun terakhir orang miskin semakin bertambah buruk kehidupannya. Itu tentu bukan capaian yang baik.

“Pemerintah harus mengubah haluan pembangunan dari berorientasi fisik jadi lebih berorientasi kepad amanusia. Ini yang disebut ‘people centered development’. Berkali-kali saya mengingatkan agar pemerintah segera evaluasi pembangunan infrastruktur yang telah mereka canangkan.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version