View Full Version
Jum'at, 05 Jan 2018

Awal Tahun, Pemerintah kembali Buat Kebijakan Cabut Subsidi

JAKARTA (voa-islam.com)- Lagi, pemerintahan Joko Widodo dianggap membuat kebijakan yang diangga merugikan masyarakat. Kali ini janji yang dinilai pernah ia ucapkan dan akan ditepati pada tahun ini.

“Namun pada kenyataannya pemerintah mengawali 2018, dengan mengeluarkan kebijakan tidak populis. Yakni, menghapus subsidi benih padi. Sektor hortikultura kita gerakkan nanti dengan memberikan bibit gratis benih gratis. ‘Kita upayakan maksimal sesuai kemampuan pada tahun 2018’, kita tidak lupa pernyataan tersebut,” demikian DPP Gerindra melihatnya, Kamis (04/01/2018).

Padahal menurut Gerindra kebijakan ini dipastikan menekan para petani sekaligus menurunkan gairah menanam padi. Rencananya, subsidi sebesar Rp 1,3 triliun per tahun, akan dihapus pada 2018 ini.

“Rencana pemerintah menghapuskan subsidi benih padi untuk petani dikhawatirkan akan membuat gairah petani semakin menciut.”  Dampaknya, benih padi yang selama ini hanya Rp. 2.500 per kg, akan menjadi Rp 11 ribu per kg.

“Harga tersebut mungkin akan jauh lebih tinggi lagi saat memasuki musim tanam. Permintaan benih akan tinggi dan pasar bebas diberlakukan.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version