View Full Version
Kamis, 28 Jun 2018

Empat Faktor Penentu Kemenangan (Pemilu) dalam Demokrasi Kapitalis

JAKARTA (voa-islam.com)- Mantan Anggota DPR RI, M Said Didu mengatakan bahwa di negeri demokrasi kapitalis, untuk meraih kekuasaan/kemenangan maka dirasa perlu dan dibutuhkan setidaknya ada empat faktor. Di antaranya menurut dia adalah lembaga pemodal dan media massa.

“Dalam demokrasi kapitalis, ada empat faktor penentu kemenangan: pertama, pemodal. Kedua, lembaga survey. Ketiga, media massa. Dan keempat, pemilih,” katanya, Kamis (28/6/2018), di akun Twitter pribadi miliknya. 

Dan menurutnya, pemilih dapat digiting melalui faktor nomor satu, dua, dan tiga, plus lewat kekuasaan. Selain itu, ia juga mengamati perihal kredibel atau tidaknya suatu lembaga survey.

“Kredibilitas lembaga survey dinilai dari ketepatan hasil survey dengan hasil. Beda dengan konsultan politik kredibiltasnya adalah kemenangan calon yang diusung.

Jadi aneh kalau ada lembaga survey umumkan kemenangan calon seakan hasil kerja dia, kecuali memang kerja rangkap.

Saat ini, setiap Pilpres, Pileg, dan Pilkada ada 2 jenis kemenangan: 1) Menang perolehan suara, dan 2) Menang ‘melawan’ hasil survey yang tidak obyektif.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version