View Full Version
Jum'at, 24 Aug 2018

Pesan: Jokowi, Jangan jadikan TNI-Polri Jurkam Pilpres

JAKARTA (voa-islam.com)- Terkait himbauan dan atau kemungkinan permintaan Jokowi kepada TNI-Polri agar memberitakan kinerja-kinerjanya selama menjadi Presiden RI selain terkesan “menyeret” TNI-Polri ke pusaran politik, Jokowi juga dianggap tengah melakukan pelanggaran konstitusi Negara. “Dalam kampanye pilpres 2019, karena Jokowi adalah peserta pilpres, maka tentu narasi kampanyenya adalah terkait capaian kerjanya selama ini.

Maka memita TNI-POLRI menjelaskan kinerja pemerintah, sama saja menyuruh TNI-POLRI jadi juru kampanye (jurkam) Jokowi. Ini melanggar UU dan Konstitusi,” kata politisi Demokrat, Ferdinand Hutahahean, di akun Twitter pribadi miliknya, Kamis (23/8/2018).

Menurut Ferdinand, menginstruksikan TNI-Polri Menjelaskan kinerja pemerintah oleh Presiden adalah bentuk penyalahgunaan wewenang.

Semua lembaga harus tunduk pada aturan dalam UU sebagai turunan dari Konstitusi. Presiden tidak boleh melanggar konstitusi dan UU. TNI-POLRI tidak boleh berkampanye.”

Ia mengingatkan agar Jokowi jangan bersikap demikian, walaupun untuk kepentingan informasi ke masyarakat. “Presiden Jokowi jangan membungkus pelibatan TNI POLRI dalam kampanyenya dengan narasi menjelaskan capaian kinerja pemerintah.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version