View Full Version
Kamis, 30 Aug 2018

Program Kedaulatan Pangan Jokowi hanya Isapan Jempol Semata

JAKARTA (voa-islam.com)- Kita ketahui bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah kembali mengeluarkan izin impor gula mentah untuk sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat tujuh BUMN yang rencananya mendapatkan jatah impor gula, lima perusahaan di antaranya  sudah mengantongi izin dari Kemendag; Perum Bulog (Gendhis Multi Manis), PT Perkebunan Nusantara IX, Pabrik Gula Candi Baru, Pabrik Gula Rajawali I dan Rajawali II. Demikian cuitan DPP Gerindra, Kamis (30/8/2018).

Seharusnya menurut Gerindra, Pemerintah tidak perlu lagi mengimpor gula, karena stok gula  masih cukup. Seharusnya Kemendag sadar stok gula pada 2017 terdapat 1 juta ton, rembesan rafinasi sekitar 800 ribu ton.

Sedangkan produksi gula pada 2018 mencapai 2,1 juta ton. Kebutuhan gula konsumsi  2,7 ton.”

Dengan begitu stok gula surplus 1,2 juta ton. ini sama saja Pemerintah menyengsarakan petani dan industri gula dalam negeri. “Apakah Pemerintah sadar bahwa sekarang gula petani tidak laku, pedagang tidak membeli.” Sedangkan Bulog hanya membeli sekali satu periode, dan sekarang pembelian Bulog berhenti. Gula petani menumpuk ratusan ribu ton di gudang. “Kita sangat prihatin dan mempertanyakan sikap dan keseriusan Pemerintah tertutama Kemendag dalam mensejahterakan para petani dan mewujudkan swasembada pangan.” (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version