View Full Version
Jum'at, 04 Jan 2019

Anies Baswedan Terbang ke Lombok, Serahkan Bantuan Rp33,6 Miliar untuk Korban Gempa

LOMBOK UTARA (voa-islam.com)—Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta menyerahkan bantuan Pemprov DKI Jakarta secara langsung kepada Pemkab Kabupaten Lombok Utara dan Pemda Lombok Timur di Lombok Utara, Jumat (4/1/2019).

Menurut Anies, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah turun tangan dari masa tanggap darurat, masa pemulihan hingga proses pembangunan kembali pasca bencana gempa Lombok.

Bantuan senilai Rp33, 6 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun sekolah di Lombok Utara dan membangun sanitasi lingkungan di Lombok Timur.

Ia menyampaikan, hikmah tidak pernah datang pada hari kemarin dan justru datang pada hari esok sehingga, apa yang terjadi di NTB ini merupakan musibah yang pasti ada hikmahnya dari Allah SWT.

"Allah sedang merencanakan sesuatu yang tidak pernah kita ketahui," kata Anies seperti dikutip dari Republika Online.

Anies memotivasi masyarakat Lombok untuk tetap tangguh menghadapi cobaan dan musibah tersebut. Menurutnya, meski gempa bumi meluluhlantakkan bangunan, namun tidak akan pernah menghancurkan semangat masyarakatnya. Bahkan gempa justru menambah ketangguhan masyarakat NTB. 

Anies menyampaikan, pemprov DKI telah menganggarkan hibah dan bantuan keuangan kepada Pemkab Lombok Timur dan Lombok Utara untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana dengan rincian Rp 19,2 miliar untuk membangun 16 sekolah dari jenjang TK sampai SMP di Lombok Utara dan Rp 10 miliar untuk membangun sanitasi lingkungan, rehabilitasi sarana pendidikan dan normalisasi jaringan air bersih di Lombok Timur.

Melalui Badan Amil, Zakat, Infak dan Sedekah (Bazis) DKI, lanjut Anies, Pemprov Dki juga turut membantu membangun 25 hunian sementara dan fasilitas MCK bagi warga desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. Selain itu, dia katakan, ada donasi dari jajaran PNS DKI yang telah mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 4,4 miliar untuk membangun SMP 2 Tanjung Mas, Lombok Utara dan fasilitas pendukungnya.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta seluruh rombongan yang telah berkenan mengunjungi NTB, untuk menyerahkan bantuan.

Zul menjelaskan, ketika musibah gempa melanda NTB beberapa waktu lalu, sebenarnya masyarakat NTB belum siap secara mental. Sehingga menurutnya, trauma masyarakat di daerah ini membekas cukup lama. Namun, ketika musibah gempa yang lebih besar melanda daerah lain, seperti yang terjadi di Palu dan Donggala, masyarakat NTB seperti melupakan penderitaan yang ada.

"Mereka mengumpulkan apa yang mereka punya untuk kemudian mereka sumbangkan ke saudara-saudaranya di Palu," kata Zul.

Dia mencontohkan warga Gumantar dari Lombok Utara yang mengumpulkan panen hasil bumi mereka untuk kemudian dijual dan hasilnya disumbangkan ke korban gempa di Palu dan Donggala beberapa waktu lalu.

"Padahal mereka juga masih pada tinggal di tenda ataupun hunian sementara," lanjut Zul.

Zul dan Anies juga menyempatkan diri menyapa masyarakat Dusun Lendang Brore, Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Keduanya meninjau puluhan rumah yang sudah dibangun menggunakan bahan baku bambu dengan anggaran dari swadaya masyarakat dan bantuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta lembaga yang bekerjas ama dengan pemerintah seperti Baznas.* [Republika/Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version