View Full Version
Rabu, 13 Mar 2019

Viral Foto Logistik Pemilu Diangkut Truk Berhuruf Kanji, Ini Penjelasan KPU

JAKARTA (voa-islam.com)—Foto-foto penurunan logistik Pemilu 2019 dari truk bertuliskan huruf kanji viral di jagad maya. Dalam foto viral tersebut nampak seorang perempuan berjilbab dan seorang polisi tengah berpose menunjuk ke lambang KPU yang ditempelkan di truk bertulisan “dokumen negara”.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklarifikasi foto tersebut.Komisioner KPU, Ilham Saputra membenarkan tentang keberadaan truk itu. Menurut dia, seperti dikutip dari RMOL, foto itu sebenarnya diambil dari proses penurunan logistik di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

“Yang mengadakan itu konsorsium Temprina yang pabriknya ada di Solo. Jadi tidak ada itu surat suara dari China,” kata Ilham di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/3).

Diungkapkannya, Temprina merupakan salah satu perusahaan pemenang tender pencetakan surat suara. Makanya, surat suara itu tidaklah berasal dari China sebagaimana spekulasi yang berkembang di sebagian orang.

“Ibu itu adalah Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo ibu Mutiah namanya. Kemudian itu dikawal oleh Polres, dikawal oleh polisi. Kalian lihat juga di foto itu ada polisi kan,” ujar Ilham Saputra.* [RMOL/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version