View Full Version
Sabtu, 27 Apr 2019

Lagi Kesalahan Input, di TPS Magelang Perolehan Jokowi-Maruf Kelebihan 1000 Suara

MAGELANG (voa-islam.com)—Kesalahan input data C1 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus terjadi. Di media sosial tengah ramai dibahas warganet video yang mengungkap kesalah input data C1 di di TPS 4 Desa Rejosari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pada TPS ini, suara Jokowi-Ma’ruf yang seharusnya di C1 tertulis 119, kemudian di tabel tabulasi tertulis 1119 suara. Itu artinya suara paslon 01 tersebut gelembung hingga 1000 suara.

Kesalahan input ini kemudian dilaporkan warga ke KPU dan sudah diperbaiki. KPU Magelang menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan input tersebut.

"Ini bukan faktor kesengajaan. Hasil investigas kami seharusnya 119. Tetapi petugas melakukan scan data dan mengetik angka 1 terlalu cepat (sehingga jadi 1.119)," ujar Komisioner KPU Kabupaten Magelang, Dwi Endis M, Kamis (24/4/2019) seperti dikutip dari Kumparan.

Endis mengungkapkan, kesalahan ini menjadi bahan evaluasi bagi KPU untuk lebih ketat dalam pengawasan (supervisi) terutama pada proses input data agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

Dijelaskannya, metode penghitungan suara yang dilakukan tetap berdasarkan medote manual secara berjenjang dari rekapitulasi di TPS, PPS, PPK, kabupaten, provinsi sampai pusat. Sementara metode sistem informasi penghitungan suara (situng), dengan scan C1 bertujuan agar masyarakat cepat dan mudah mengakses informasi tersebut.* [Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version