View Full Version
Sabtu, 04 May 2019

Dugaan Kecurangan Terbesar Ada di Lima Provinsi Ini

JAKARTA (voa-islam.com)- Tim IT 02 menemukan dugaan kecurangan terbesar di lima Provinsi. Kemudian dipakai sebagai sampling dan Diteliti. 

Ada Jawa Tengah, tertinggi. Mencapai 7.666. Lalu yang kedua, Jawa Timur. Mencapai 5.826. Lalu yang ketiga, Sumatra Utara: 4.327,” beber Koordinator IT, Mustafa Nahrawardaya, Jumat di Bawaslu, Jakarta.

Lalu yang keempat, lanjut dia, ada di Sumatra Selatan. Sebesar 3.296 dugaan kecurangan. Lalu yang terakhir Sulawesi Selatan, 3.219. 

“Bahkan kemudian kita bisa mapping, bentuk-bentuk, jenis-jenis, macam-macam bagaimana cara "manipulasi" yang bisa kita tangkap dari sistem IT kita,” tambahnya menjelaskan.

Pertama, kata dia, antara total suara dan kehadiran tidak sesuai jumlahnya. “Mestinya sama: total suara dengan yang hadir mestinya sama tapi ternyata tidak sama. Dengan deteksi tertentu, dengan sistem kita ketahuan,” katanya.

Lalu yang kedua, masih menurutnya, suara total tidak cocok jika dibandingkak dengan suara yang sah maupun yang tidak sah. Mestinya kalau suara tidak sah dan suara sah, itu kalau dijumlah suara total harusnya sama. “Tapi ini enggak. Ketiga, total suara sah, itu kalau dijumlah tidak sesuai antara jumlah nomor palson 01 dan paslon 02. Jadi ini lucu sekali,” tutupnya ungkap.

(Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version