View Full Version
Rabu, 03 Jul 2019

Organisasi Kemanusiaaan dan Kode Etik Jurnalis

JAKARTA (voa-islam.com)- Penanganan Bencana tidak hanya mengandalkan kemampuan untuk memberikan bantuan material saja, tapi juga memberikan dukungan moral dan psikologis kepada korban. Pada kondisi seperti inilah media massa memberikan peranan penting dalam pemberitaan mengenai bencana.

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, mengatakan pentingnya peranan media massa dalam pemberitaan bencana dan juga perlu adanya standar serta kode etik yang harus diutamakan.

Kami pertama kali mengadakan pelatihan ini dan sekaligus momentum bagi kami untuk menuntaskan tugas dan program-program organisasi kemanusiaan,” terang Tomy Hendrajati, kemarin, ketika menghadiri pelatihan panduan Sphere bagi jurnalis yang diselenggarakan di Depok, Jawa Barat.

Pelatihan panduan Sphere untuk jurnalis bertujuan memberikan pemahaman tentang panduan dan kode etik Sphere untuk para jurnalis. Selain itu, untuk memberikan pemahaman tentang kode etik Sphere dalam pemberitaan bencana.

Tak hanya itu, pelatihan tersebut juga untuk memberikan pemahaman tentang teknik penulisan berita kemanusiaan sesuai kode etik jurnalistik dan memperkenalkan perlengkapan Rescue Human Initiative.

Sphere adalah panduan standar minimum penanganan kebencanaan. Sphere bertujuan untuk meningkatkan mutu tindakan organisasi kemanusiaan pada saat bencana terjadi, baik itu bencana alam maupun bencana manusia (konflik).

Dihadiri pula oleh Ari Djanuar Prasetyo, Muhammad Kaimuddin (Human Initiative), Syahri Ramadhan (CRS Indonesia), dan Lestantya R Baskoro (wartawan senior/Dewan Pers).

(Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version