View Full Version
Jum'at, 05 Jul 2019

Politisi Ini Ragu Oposisi di Parlemen Dapat Jatuhkan Penguasa

JAKARTA (voa-islam.com)- Salah satu aktivis senior sekaligus politisi di Indonesia tampak meragukan kekuatan oposisi atau kaum minoritas di parlemen terkait pengaruhnya atas penguasa.

“Belum pernah ada oposisi atau minoritas sukses di parlemen dalam hal menjatuhkan pemerintahan. Belum ada,” kata Andi Arief, politisi Demokrat, di akun Twitter pribadinya, Kamis (4/7/2019).

Andi memberikan contoh terkait itu, yakni di tahun 1998 jatuhnya Soeharto. Menurutnya itu “ulah” oposisi jalanan memaksa mayoritas parlemen (Golkar) meminta mundur Soeharto. Begitu juga tahun 2010, upaya menggulingkan pemerintah melalui kasus Century juga bukan dari oposisi atau minoritas parlemen. 

Tapi datang dari oportunisme dalam koalisi {PKS dan Golkar yang main mata dengan Gerindra dan PDIP). Upaya penggulingan itu juga gagal total.”

Pelajaran menarik sebetulnya saat Gus Dur digulingkan. Kata dia, wakty itu partai-partai dalam unity government yang dibuat Gus Dur melakukan penghianatan—konon bersama sempalan TNI—untuk bersama mengganti Presiden dengan alasan yang bisa dicari-cari.

“Menjadi oposisi atau tepatnya minoritas di parlemen bisa karena terpaksa atau karena pilihan. Tapi jangan merasa pasti masuk surga. Karena suatu saat pasti akan meminta tolong partai yang dianggap masuk neraka, misalnya kurangnya syarat kursi pilkada.”

(Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version